Rabu, 09 Januari 2013

WARNA DAN ARTWORK DALAM DESAIN INTERIOR RUMAH


WARNA DAN ARTWORK DALAM DESAIN INTERIOR RUMAH




Warna dan Artwork dalam Desain Interior Rumah - Sentuhan warna dalam sebuah hunian memang menjadi sentuhan wajib, terlebih lagi dalam dunia desain interior rumah. Tidak heran banyak pemilik hunian melakukan beberapa eksperiman guna mendapatkan keindahan dan kenyamanan dalam perpaduan warna-warni cat rumah. Konon warna-warni dalam interior rumah dapat mempengaruhi emosi dan psikologi setiap orang. Karakter warna yang hangat tentu menghadirkan suasana yang berbeda dengan karakter warna yang sejuk. Sehingga bisa dibilang warna-warni cat pada sebuah rumah tergantung dari kebutuhan sang pemilik rumah, yang tentunya disesuaikan dengan karakter dan style rumah tersebut.

Selain warna-warni cat, menempatkan artwork atau karya seni untuk memberikan sentuhan unsur seni dalam sebuah desain interior rumah juga menjadi sentuhan wajib bagi mereka yang suka menikmati seni. Karena seni yang cenderung bebas dan ekspresif, memilih dan meletakan artwork atau karya seni di rumah tidak ada panduannya. Memilihnya pun sesuai selera. Bagaimana seseorang merasakan esensi di balik karya seni tersebut mungkin bisa menjadi alasan kuat untuk membeli dan memilikinya. Meletakkan karya seninya pun bebas, asal jangan lupa pertimbangkan masalah proporsi, komposisi dan warna.

Untuk mendapatkan gambaran tentang warna dan artwork yang telah dibahas di atas, berikut kami tampilkan beberapa contoh warna dan artwork dalam desain interior rumah.

1). Perlu kepercayaan diri yang ekstra dan keberanian untuk bereksperimen di dalam penataan interior sebuah ruang karena terkadang artwork yang ditempatkan bersifat kontras dengan tema ruangan. Apabila Anda kurang berani melakukan eksperimen, pilihlah artwork yang selaras dengan tema, warna dan suasana ruangan. (image: designrulz.com)

Warna dan Artwork dalam Desain Interior Rumah
1) Warna dan Artwork dalam Desain Interior Rumah

2). Kuning adalah salah satu warna yang kerap disebut sebagai warna yang fun, riang, atau memberi inspirasi. Cocok jika jenis warna ini diterapkan sebagai elemen warna pada ruang-ruang yang membutuhkan energi seperti ruang kerja atau ruang belajar. Namun, tak ada salahnya jika menggunakan elemen warna kuning pada sebuah ruang keluarga atau ruang tamu yang dipadu-padankan dengan artwork yang sesuai dengan tema seperti yang terlihat pada gambar berikut. (image: home-designing.com)

Warna Kuning Untuk Interior Kamar Tamu
2) Warna Kuning Untuk Interior Kamar Tamu

3). Warna merah muda (pink) sering diasosiasikan dengan perempuan, karena itu warna ini sangat cocok untuk mewarnai ruangan yang bernuansa feminin. Merah muda yang melambangkan romantisme ini ternyata dapat dipadukan dengan warna-warna lain sehingga kesannya tidak terlalu lembut, seperti dipadu-padankan dengan warna hitam atau abu-abu. Penambahan beberapa artwork yang sesuai dengan tema dan suasana ruangan akan mempercantik ruangan bernuansa pink ini. (image: sfgirlbybay.com)

Warna Pink dan Elemen Dekoratif Untuk Desain Interior Rumah
3) Warna Pink dan Elemen Dekoratif Untuk Desain Interior Rumah

4). Senangnya jika ada suasana baru dan fresh pada ruang keluarga Anda. Pasti kedekatan antara anggota keluarga akan makin terasa, karena makin seringnya Anda berkumpul dengan keluarga di ruangan yang satu ini. Salah satu warna yang bisa menimbulkan kesan fresh pada sebuah ruangan adalah warna orange. Sofa putih dengan aksen cushion yang berwarna-warni seperti ungu, hijau, orange dan coklat semakin menambah kesan fresh dalam ruangan ini. (image: freshome.com)

Warna Orange Fresh untuk Living Room atau Ruang Keluarga
4) Warna Orange Fresh untuk Living Room atau Ruang Keluarga

5). Warna hijau memang tidak terlepas dari hijaunya dedaunan. Sesuai dengan dampak yang ditimbulkannya, warna hijau juga memberi efek yang sama, yaitu kesejukan, kesegaran, dan kenyamanan. Anda dapat mencoba untuk memadukan warna hijau dengan kuning gading atau putih agar hunian dapat terlihat segar dan harmonis. (image: savearecipe.blogspot.com)

Warna Hijau dengan Putih atau Kuning Gading untuk kesan segar dan harmonis pada interior rumah
5) Warna Hijau dengan Putih atau Kuning Gading untuk kesan segar dan harmonis pada interior rumah

6). Menghadirkan warna biru pada salah satu ruangan pada hunian Anda, dapat menciptakan suasana damai dan tenang. Karakternya memberi kesan dingin dan menyejukkan. Warna ini kerap digunakan untuk kamar anak laki-laki karena selain menenangkan, juga dapat memberikan kesan maskulin. Namun, jika Anda ingin mengaplikasikan warna biru pada interior kamar tamu juga tidak ada salahnya. Ada yang terinspirasi untuk mengganti salah satu warna cat dinding hunian Anda dengan warna biru? (image: allyou.com)

Warna Biru pada Interior Rumah menciptakan suasana damai dan tenang
6) Warna Biru pada Interior Rumah menciptakan suasana damai dan tenang

7). Memadukan warna utama dengan warna turunannya adalah salah satu cara mudah agar ruangan terlihat serasi dan tidak terlalu banyak warna. Warna turunan bisa warna lebih muda (ditambah putih) atau warna lebih tua (ditambah hitam). Anda dapat memadu-padankan warna elemen dekoratif sesuai dengan selera Anda. Seperti perpaduan warna pada gambar berikut ini. (image: hgtv.com)

Memadukan warna utama dan warna turunan pada desain interior rumah
7) Memadukan warna utama dan warna turunan pada desain interior rumah

8). Warna coklat termasuk ke dalam golongan warna netral dimana identik dengan warna tanah yang memberikan nuansa hangat, nyaman dan tenang pada ruangan. Warna coklat juga termasuk warna yang lembut, sehingga mata tidak akan lelah ketika melihat ruangan yang mempunyai nuansa warna natural yang satu ini. (image: interiordesignsworld.com)

Warna coklat memberikan nuansa hangat, nyaman dan tenang pada ruangan
8) Warna coklat memberikan nuansa hangat, nyaman dan tenang pada ruangan

Selamat bermain dengan warna dan berkreasi dengan karya seni untuk desain interior impian pada rumah Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar